Hubungi : 082234692525

7 tips membedakan sarang burung walet berkualitas

Tips untuk memilih sarang burung walet yang baik :
1. Mempunyai aroma telur mentah – Anda akan memdapatkan sedikit aroma bau telur mentah dari sarang burung walet. Ini adalah normal karena bau dari sarang burung walet yang asli memang mempunyai karakteristik seperti bau telur mentah.
2. Tidak terdapat bulu burung walet – Melalui proses pembersihan yang baik sarang burung walet idealnya terbebaskan dari sebagaian besar bulu burung walet. Apabila kita lihat dengan mata telanjang, bulu burung walet tidak terlihat dan sarang burung walet terlihat bersih.
3. Warna sarang burung walet – Sarang burung walet mempunyai berbagai warna karakteristik, mulai dari merah, orange, kuning, putih. Namun kategori warna putih ini pun tidak putih bersih, lebih condong ke arah warna putih gading. Dan karena sarang burung walet adalah produk alami maka warna sarang burung walet sedikit berbeda dari satu ke yang lain nya. Ketika direndan kedalam air, sarang burung walet ini nantinya akan berubah menjadi warna yang lebih terang / muda karena menyerap air dan menjadi lebih transparant.
4. Kondisi – Sarang burung walet yang kering terlihat seperti kering dan mudah patah, sedangkan sarang burung walet yang basah lebih mudah dibengkokan dan tidak mudah pecah.
5. Ukuran, bentuk dan kandungan gizi – Bentuk sarang burung walet tidak mempengaruhi nilai gizi dan kandungannya. Sarang burung walet mangkuk lebih mahal harganya karena ukuran saja. Semakin besar ukurannya, semakin langka bisa didapat karena jumlah air liur yang diperlukan untuk membentuk sarang burung walet mangkuk ukuran tersebut.
6. Kemurnian – Air minum yang digunakan untuk merendam sarang burung walet seharusnya tetap bening transparant. Apabila sarang burung walet menjadi putih dan mengkilap maka ada kemungkinan bahwa sarang burung walet tersebut pernah melalui proses pemutihan.
7. Pengembangan – Sarang burung walet mengembang selama direndam didalam air menjadi sekitar 3 kali dari ukuran saat masih dalam keadaan kering.

Oleh masyarakat Timur, sarang burung walet dikonsiderasi sebagai makanan istimewa yang mana ditujukan untukkelas tertinggi individu dalam masyarakat. Sarang burung walet banyak di panen dari berbagai bagian Asia seperti Thailand, Malaysia, dan Filipina, dan Indonesia. Sarang burung walet saat ini banyak dikonsumsi oleh masyarakat di negara Hong Kong dan China, oleh sebab itu sebagaian besar sarang burung walet ini di eksport ke negara tersebut.

Sarang burung walet merupakan sarang yang dapat dikonsumsi oleh manusia, yang terbuat dari air liur burung walet. Selama periode pemeliharaan 35 hari burung walet menelusuri, burung walet laki-laki menggunakan air liur mereka, bersama dengan barang-barang lainnya, untuk membuat sarang untuk tinggal dan tumbuh. Sarang ini dibuat agar terlihat seperti mangkuk dangkal atau mangkuk hisap yang menempel pada dinding rumah peternakan burung walet. Air liur walet ini, pada awalnya sangat basahdan berbentuk cairan ketika diproduksi, yang mana akan mengeras dan menjadi sejenis sehelai benang. Air liur walet inilah yang menjadikan semacam semen untuk sarang mereka, dan burung walet menjalin seluruh sarangnya dari air liur tersebut. Helaian air liut ini harus hampir sepenuhnya lubang yang ada sehingga melindungi anak mereka selama mereka berkembang biak. Didalam tenunan air liur mereka kadang kala terdapat kotoran atau barang-barang yang harus dipilah sebelum dikonsumsi. Kotoran ini dapat mencakup ranting, lumpur, atau bulu, disini inilah proses pembersihan sarang burung walet diperlukan.

Sarang ini dianggap tinggi nutrisi; terutama protein, kalsium, kalium, dan mineral lainnya. Nutrisi ini secara tradisional digunakan dalam pembantu pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, atau mengurangi gejala asma. Proses di mana sarang burung walet dibersihkan sangat memakan waktu dan memerlukan banyak keterampilan dalam melakukan.

Herbalwalet Copyright 2017 ©. All Rights Reserved.